Kementerian ESDM Berikan Bantuan untuk Nelayan di Cirebon

  Senin, 11 Desember 2017   Faqih Rohman Syafei
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Herman Khaeron menyerahkan bantuan kepada nelayan di Desa Ambulu, Kabupaten Cirebon, Senin (11/12). (AyoCirebon/Faqih Rohman)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan bantuan sebanyak 100 buah mesin kapal, converter kit, dan gas LPG kepada nelayan di Desa Ambulu, Kabupaten Cirebon, Senin (11/12/2017).

Sekjen ESDM, Ego Syahrial mengatakan, pemberian bantuan paket mesin kapal kepada nelayan di Desa Ambulu, umunya di Kabupaten Cirebon, merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumya pada tahun lalu diberikan 299 paket bantuan. Pada tahun ini bantuan tersebut meningkat menjadi sebanyak 17.000 paket diberikan kepada nelayan di seluruh Indonesia.

"Pada tahun lalu sebanyak 5.743 paket dan tahun ini ada peningakatan," ujarnya kepada awak media di Cirebon, Senin (11/12/2017).

Tujuan dari bantuan ini sesuai dengan program Nawacita Presiden RI Joko Widodo tentang konversi bahan bakar dari BBM ke BBG sebagai solusi penyediaan energi alternatif agar lebih ramah lingkungan dan mengurangi emisi gas buang. Namun yang paling utama yaitu untuk meningkatkan perekonomian nelayan agar beban biaya berlayar lebih hemat.

"Tujuannya membantu perkonomian nelayan, dengan menggunakan mesin berbahan bakar gas ini setidaknya bisa bergemat hingga 50%," ungkap Ego. 

Ego menjelaskan, pemberian bantuan ini tidak sembarangan. Ada beberapa kriteria yang ditentukan. Pertama, nelayan belum pernah menerima bantuan atau subsisi. Kedua, nelayan memiliki kapal berbahan bakar bensin dengan ukuran kapal tak lebih dari lima grosston dan daya 13 horsepower.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Herman Khaeron yang turut hadir, menuturkan jika bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi nelayan lantaran lebih efisien dan efektif dalam penggunaan bahan bakar. Hingga biaya produksi yang dibutuhkan akan lebih sedikit.

"Pastinya program pemerintah ingin rakyatnya sejahtera, laut lebih bersih dan tangkapan ikan tidak tercemar. Dan tidak menggangu kenyamanan ikan karena tidak berisik," ungkapnya.

Ia pun berterima kasih kepada Menteri ESDM, Ignasius Jonan atas adanya program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya nelayan.

Samsul, salah seorang warga penerima bantuan pada tahun 2016, mengucapkan terima kasih atas adanya bantuan mesin ini. Dengan begitu itu bisa berhemat untuk membeli bahan bakar. Kendati demikian, ia tetap mengeluh atas besarnya mesin dan tabung gas LPG yang memakan ruang di dalam perahu.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar