Pengrajin Batik Ciwaringin Deklarasikan Indobatik Ciwaringin

  Sabtu, 09 Desember 2017   Faqih Rohman Syafei

CIREBON, AYOCIREBON.COM--Sejumlah pengrajin Batik Ciwaringin mendeklarasikan Indobatik Ciwaringin - Sentra Batik Tulis Pewarna Alami di Atrium Grage City Mall Cirebon, Sabtu (9/12/2017). Acara tersebut dimeriahkan juga dengan pameran batik pewarna alami dan UMKM binaan PT Indocement Tunggal Prakarsa.

Direktur Eksekutif Indocement Kuky Permana mengatakan kegiatan ini untuk mendorong peningkatan pemasaran batik hasil karya pengrajin-pengrajin lokal.

"Diharapkan dengan terbentuknya Indobatik Ciwaringin dapat menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Cirebon dan meningkatkan penjualan batik khas Ciwaringin," ujarnya kepada para awak media, Sabtu (9/12/2017).

Ia menyatakan terbentuknya Indobatik Ciwaringin merupakan bagian dari perjalanan panjang pengrajin batik dari Desa Ciwaringin yang dulunya para pengrajin mengalami kesulitan dibidang pemasaran, produksi yang terbatas dan kualitas yang tidak konsisten. 

"Kondisi tersebut para pengrajin mulai mengalihkan pekerjaannya menjadi buruh industri dan petani sehingga dapat mengancam punahnya kearifan lokal," ujarnya kepada para Sabtu (9/12/2017).

Lanjutnya, hingga pada tahun 2012 kami (CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa) memberikan sumbangsih dan tanggung jawab sosial berupa pelatihan membatik guna meningkatkan konsistensi produk batik tulis Ciwaringin. Sehingga tahun 2014 terbentuklah Koperasi Anugerah Batik Ciwaringin.

"Selain itu diberikan juga pemahaman pengelolaan limbah pengrajin sehingga limbah tersebut terkelola dengan baik dan benar," ucap Kuky.

Kuky menjelaskan pihaknya dalam memberikan pelatihan kepada para pengrajin menggandeng Universitas Gadjah Mada dengan melatih pembentukan pola secara intensif kepada pengrajin.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar