Pasok Kebutuhan Pangan, Pemkot Cirebon Genjot Lahan Pertanian

  Kamis, 07 Desember 2017   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi: Seorang petani saat menggarap lahan miliknya di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (5/12/2017). (Irfan Alfaritsi)

CIREBON, AYOCIREBON.COM—Pemerintah Kota Cirebon segera membuat regulasi untuk menata lahan produksi, guna menunjang pemenuhan stok bahan pangan konsumsi masyarakat di daerah tersebut.

Sekda Kota Cirebon Asep Dedi mengatakan lahan produksi yang dimiliki pemkot hingga saat ini masih tergolong sempit. Kondisi ini terjadi akibat banyaknya lahan produksi yang beralih fungsi menjadi bangunan permanen.

"Pemerintah sangat terbatas karena alih fungsi lahan cukup tinggi menjadi perumahan dan bangunan lainnya otomatis produksi pertanian berkurang, saat ini regulasi sedang dibahas," ujarnya kepada ayocirebon.com, Kamis (7/12/2017).

Ia menuturkan stok kebutuhan pangan untuk pemenuhan konsumsi Kota Cirebon hingga saat ini masih disuplai oleh daerah lainnya.

"Masih disuplai oleh daerah baik beras, sayuran, dan kebutuhan lainnya. Tetapi yang paling penting adalah distribusi lancar di pasar tradiosional," kata Asep.

Asep menambahkan pemkot terus berusaha untuk menambah lahan produksi salah satunya dengan cara membeli lahan dimiliki warga.

"Ingin beli lahan pertanian yang dimiliki oleh masyarakat untuk tetap dipertahankan. Kota menganggarkan dana sekitar Rp1-Rp2 miliar untuk itu," ujarnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar