Ketua DPRD Minta Wali Kota Keluarkan Perwali soal Penyaluran Zakat

  Rabu, 13 September 2017   Andres Fatubun
Ketua DPRD Kota Cirebon Edi Suripno menyerahkan bantuan baznas ke anak sekolah di gedung baznas Kota Cirebon. (Faqih Rohman/AyoCirebon)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Ketua DPRD Kota Cirebon Edi Suripno menyarankan agar Pemerintah Kota Cirebon mengeluarkan Peraturan Wali Kota ataupun Peraturan Daerah guna mendukung penyaluran dana zakat agar lebih tepat sasaran.

"Minimal Perwali atau Perda sehingga nanti dana masyarakat lebih terorganisir secara baik dan lebih banyak orang yang mendapat bantuan, terutama keluarga yang kurang mampu, anak-anak yang memerlukan peralatan sekolah, madrasah, musala, masjid, dan juga tidak mengenal anak tersebut dari agama apapun," ujarnya, Rabu (13/9/2017).

Edi menuturkan bahwa regulasi yang ada saat ini di Kota Cirebon baru sekedar surat edaran dari wali kota yang sifatnya hanya imbauan saja serta tidak mempunyai kekuatan hukum yang 'memaksa' untuk orang berzakat.

"Beda, kalau sudah ada Perwali itu ada kekuatan memaksa tapi dengan tujuan baik, meskipun tidak ada sanksi sedangkan Perda ada sanksinya agar orang yang berlebih mau berzakat, sadakah, berinfak dan lain sebagainya," tuturnya

Disebutkan bahwa potensi zakat di Kota Cirebon bisa mencapai Rp100 miliar pertahun dan baru bisa disalurkan sebanyak Rp2,7 miliar.

Tentu saja optimalisasi penyaluran tersebut baru tercapai sekitar 30-40%, bila ada peraturan yang mengikat dipastikan akan bisa lebih meningkat dari saat ini.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar