Ketua MPR RI Kunjungi Keraton Kanoman

  Senin, 11 September 2017   Faqih Rohman Syafei
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan menikmati sarapan bersama Sultan Kanoman Muhammad Emirudin, Senin (11/9). (Faqih Rohman/AyoCirebon)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan menyambangi Keraton Kanoman Cirebon dalam rangka menengok langsung kondisi keraton.

Ia mengusulkan agar pemerintah daerah maupun pemerintah pusat senantiasa menjaga kelestarian keraton-keraton yang ada di seluruh Indonesia. 

"Keraton ini kan merupakan identitas dan bagian dari sejarah Indonesia yang senantiasa harus dilestarikan, maka dari itu saya datang kemari untuk melihat kondisinya langsung dan mudah-mudahan mendapatkan dukungan dari pemerintah kota, gubernur ataupun pusat," ujarnya di Cirebon, Senin (11/9/2017).

Disebutkan bahwa peran dari penguasa keraton seperti raja dan sultan ketika zaman pergerakan dan kemerdekaan Indonesia sangatlah besar. Oleh karenanya seni budaya yang ada di keraton harus dijaga dan dilestarikan.

"Jika keraton tidak mendapat dukungan dari pemerintah, dikemudian hari identitas dan seluruh seni budaya yang terdapat didalamnya akan pudar dan menghipang," ucap Zulkifli.

Diberitakan sebelumnya, Kota Cirebon bakalan menggelar pagelaran Festival Keraton Nasional (FKN) yang akan berlangsung pada 15-19 September 2017.

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadingrat mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan sebaik-baiknya gelaran FKN tersebut, karena merupakan kesempatan yang langka setelah 20 tahun Cirebon dipercayai lagi sebagai tuan rumah. 

"Karena tidak mungkin berapa tahun lagi kita balik lagi, dulu kita tuan rumah tahun 1997 setelah 20 tahun jadi tuan rumah lagi," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Ia mengharapkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara bisa menyempatkan diri untuk hadir karena momen ini sangat langka dan jika sukses akan memberikan dampak baik bagi Cirebon.

"Kepada masyarakat sekitar Cirebon harus betul-betul memanfaatkan secara baik, harus sukses acara ini karena berdampak akan sangat baik untuk kita semuanya," ujar Sultan.

Perlu diketahui bahwa acara FKN ini akan dihadiri oleh sekitar 42 kerajaan se-Indonesia dan 71 perwakilan peninjau dari kerajaan Indonesia serta tiga kerajaan dari luar negeri yakni Filipina, Brunei Darussalam, dan Korea Selatan. (Faqih Rohman)


 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar