Kadisporabudpar Minta Keraton Kerja Sama Meriahkan Festival Keraton Nusantara

  Selasa, 22 Agustus 2017   Faqih Rohman Syafei

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Kepala Disporabudpar Kota Cirebon, Dana Kartiman, meminta kepada semua pihak keraton yang ada di Cirebon agar tidak saling menunjukan egonya, terutama dalam rangkaian kegiatan Festival Keraton Nusantara (FKN) yang akan digelar pada 15 -19 September 2017 mendatang. 

"Misalkan Keraton Kanoman kan sudah dipastikan akan membuka pameran benda-benda pusaka, kemudian keraton yang lainnya membuat hal serupa, ini kan seperti ada persaingan di antara keraton, sementara itu para pengunjung hanya ingin menikmati acaranya saja," ujarnya, Senin (21/8/2017).

Dana mengatakan bahwa tema yang akan diangkat dalam gelaran Festival Keraton Nasional adalah Paksi Nagaliman yang merupakan campuran dari berbagai jenis binatang, Paksi adalah Burung Garuda, Naga sejenis hewan Ular dan Liman artinya Gajah. Sedangkan kata Cirebon sendiri berasal dari kata Caruban yang berarti berbagai suku bangsa, ras dan juga agama.

Dikatakannya sebanyak 42 kerajaan se-Indonesia akan hadir sebagai peserta dalam FKN. Lalu sebanyak 71 perwakilan peninjau dari kerajaan di Indonesia yang belum bergabung dalam FKN akan turut hadir juga. 

Selain dari kerajaan di Indonesia, hadir pula tamu dari kerajaan dari luar negeri yakni Filipina, Brunei Darussalam dan juga Korea Selatan. "Sudah ada komunikasi kami dengan tiga kerajaan tersebut, mereka mengungkapkan akan datang ke FKN Cirebon ini," kata Dana. (Faqih Rohman)
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar