Ini Alasan Pemkot Cirebon Pasang Tapping Box di Restoran

  Rabu, 09 Agustus 2017   Adi Ginanjar
Pemerintah Kota Cirebon meluncurkan tapping box untuk dipasang di 14 restoran di kota itu, Rabu (9/8/2017), guna mencegah kebocoran dan mengefektifkan transparansi pembayaran pajak.(Paqih Rohman)

CIREBON, AYOCIREBON.COM—Pemerintah Kota Cirebon meluncurkan tapping box untuk dipasang di 14 restoran di kota itu, Rabu (9/8/2017), guna mencegah kebocoran dan mengefektifkan transparansi pembayaran pajak.

"Tahap pertama kami pasang 14 tapping box. Kami uji coba dan hasilnya bagus, efektif yang artinya lebih transparan dalam pembayan pajak," ujar Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi kepada awak media di Rumah Makan Jamblang Bu Nur, Cangkring, Kota Cirebon, Rabu (9/8/2017).

Asep Dedi menjelaskan pada dasarnya pemasangan alat tersebut sebenarnya tidak memengaruhi rumah makan. Soalnya, yang membayar pajak konsumen sendiri. "Pengelola rumah makan tidak terpengaruh akan adanya alat ini, toh yang bayar konsumen, intinya efektivitas dan efisiensi dari pemungutan pajak tersebut," katanya.

Dedi menargetkan dengan pemasangan tapping box di beberapa restoran bisa memacu peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak restoran Rp30 - Rp40 miliar.

"Total pajak adalah Rp130 miliar, dari restoran Rp24 - Rp30 miliar. Diharapkan bisa lebih dari 10% kenaikannya," ujarnya.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Maman Sukirman mengatakan potensi pungutan pajak berasal dari restoran dan parkir. Namun untuk saat ini yang direalisasikan restoran dahulu, karena ada 200 restoran yang berpontensi menyumbang pajak sekitar Rp24 miliar.

"Rp20 miliar lebih potensinya, berarti yang sudah sekitar 84%, itu sudah semuanya sudah bayar pajak tapi tidak semuanya terus terang, dengan ini tidak bisa dibohongi lagi," ucapnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar