Cegah Kebocoran Pajak, Pemkot Cirebon akan Luncurkan Tapping Box

  Selasa, 08 Agustus 2017   Adi Ginanjar
Kepala BKD Kota Cirebon, Maman Sukirman

CIREBON, AYOCIREBON.COM--Demi mengurangi kebocoran pajak restoran, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon akan melaunching tapping box, Rabu (9/8/2017), di Rumah Makan Nasi Jamblang Bu Nur Jalan Cangkring Kota Cirebon.

Kepala BKD Kota Cirebon, Maman Sukirman mengatakan bahwa alat tapping box ini merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mendata setiap transaksi yang berlangsung di rumah makan atau restoran. Pemakaian alat ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Gunanya alat ini agar setiap transaksi nanti terdata, lalu digunakannya alat ini untuk meminimalisir kebocoran pajak atau pajak yang tidak terbayar," ujarnya kepada Ayocirebon, Selasa (8/8/2017).

Maman menjelaskan nantinya setelah pemasangan tapping box tersebut di 16 restoran, wajib pajak akan lebih mudah untuk mengetahui seberapa besaran pajak yang harus dibayarkan. Kemudian pemasangan itu akan dibarengi dengan maintenance rutin yang dilakukan oleh petugas terkait.

"Nantinya alat tersebut dapat dipantau langsung dari kantor BKD," katanya.

Dikatakannya, sebanyak 83 persen wajib pajak yang sudah melaksanakan kewajibannya, dan pajak tersebut akan disetorkan langsung yang nantinya masuk ke dalam PAD.

"Setiap kali transaksi yang dilakukan di restoran dikenakan pajak 10 persen dari nilai pembelian," pungkas Maman.(Faqih Rohman)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar